Jumat, 13 Februari 2015

Patung Pandawa Lima Jadi Ikon Kota Solo Baru


Solo mempunyai Patung Pandawa Lima yang merupakan ikon Kota Solo Baru, Patung indah yang menjulang tinggi dan Gagah tersebut semakin membuat wisatawan berdecak kagum menyaksikannya.

Masih di kawasan Kota Solo terdapat sebuah pemukiman elit yang populer dengan sebutan Kota Satelit atau di juluki Solo Baru.

Meski belum banyak yang tahu keberadaan Kota Satelit namun Masyarakat setempat menyebut jika kawasan tersebut merupakan Kotanya kaum elit di Solo.

Tak dipungkiri di kawasan ini memang terdapat gedung- gedung bertingkat dengan arsitektur sangat modern dan terlihat sangat mewah, pemandangan ini sangat jauh berbeda dengan Kota Solo yang kental dengan nuansa Jawa.

Patung Pandawa dan bundaran di sekitarnya merupakan Pusat Kota Solo Baru.
Di sekitar Patung Pandawa terdapat pemukiman elit yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas serba mewah seperti Toko Swalayan Carrefour, Pandawa Water World, Singapore Piaget Academy, Wisma Boga, Eses Fashion Outlet, tempat beribadah, GOR Pandawa, RS Dr. Oen, Sekolah Al-Azhar, Grand Soba Hotel dan Restoran mewah lainnya.

Patung Pandawa lima yang menghias pusat kota Solo baru semakin mengukuhkan kesan mewah di kawasan elit Kota Solo.

Ornamen Lima patung para Pandawa yang terlihat gagah ini terbuat dari lapisan tembaga hasil karya pematung tersohor asal Bali yang bernama I Wayan Winten.

Patung Pandawa yang terletak di Bundaran pusat Kota Solo Baru ini menghubungkan kawasan Sukoharjo dengan Kota Solo.

Tata letak Patung terlihat sangat sempurna pasalnya para Pandawa ini menghadap ke arah Puntodewo, posisi Bima atau Wrekudoro ada di sebelah timur, Nakulo di sebelah selatan, Sadewo di Utara dan Patung Arjuno menghadap ke arah barat.

Pemilihan tokoh Pandawa Lima untuk menghiasi kawasan elit dan menjadi ikon kota Solo Baru tersebut memiliki alasan yang kuat, Pihak Pengembang ingin meniru keteladanan para Pandawa Lima dalam kehidupan dunia sehingga masyarakat akan lebih mudah mengingat jati diri dan selalu menjadi terus berusaha menjadi orang yang beradab dan memiliki budi pekerti yang luhur meskipun berasal dari kaum Bangsawan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar