Mitos Tes Keperawanan Di Candi Sukuh Solo


Candi Sukuh Solo terletak di Dusun Sukuh, Desa Berjo, kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar Jawa Tengah merupakan Candi Hindu yang berdiri di ketinggian 910 meter dari atas permukaan laut.

Candi Sukuh ditemukan pertama kalinya oleh Johnson, Residen Surakarta pada tahun 1815 silam, setelah dilakukan beberapa penelitian di ketahui bahwa Candi ini memiliki relief yang sangat unik, kebederadaan Candi Sukuh tak lepas dari mitos tes keperawan di Candi Sukuh yang masih melegenda hingga kini.

Konon jika seorang perempuan melewati tangga di salah satu Candi Sukuh kemudian bajunya robek, itu berarti perempuan tersebut sudah tidak perawan lagi. 

Namun jika di pikir secara logika, bagaimana baju yang di gunakan tidak robek sebab jalan di sepanjang tangga ini sangat sempit sekali, dan tangga ini sebenarnya hanya bisa menghantarkan Anda naik hingga ke pelataran Candi yang paling tinggi.

Dari kejauhan pemandangan Candi Sukuh terlihat sabgat eksotis terlebih saat kabut menyelimuti bangunan Candi suasana Sakral akan langsung terasa, dengan membayar tiket masuk Candi Rp 3 ribu rupiah Anda bisa leluasa menjelajahi setiap sudut Candi yang menyimpan sejarah penting di Tanah Jawa.

Sekilas bangunan Candi Sukuh hampir serupa dengan Candi – Candi cantik di Indonesia, namun jika di perhatikan lebih seksama bentuk bangunan Candi ini  hampir mirip dengan Candi milik suku Maya di Mexico.

Untuk menuju Candi Sukuh dari arah kota Solo hanya menempuh perjalanan sekitar satu jam, Anda bisa melintasi jalur ke arah Tawangmangu, Karanganyar. 

Anda tak perlu khawatir akan tersesat pasalnya di sepanjang jalur Tawangmangu biasanya akan ada tanda papan penunjuk jalan dengan arah yang cukup jelas, sehingga bisa memudahkan para Wisatawan menuju ke Candi Sukuh Solo.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Patung Pandawa Lima Jadi Ikon Kota Solo Baru

Read 50 Essays A Portable Anthology Free

Read The Oxford Anthology of Roman Literature Free